Kegiatan P5 SMPN 1 SEDATI
Pengalaman P5 (Proyek Profil Pelajar Pancasila) di SMPN 1 Sedati
Halo perkenalkan nama saya Fara. Saya bersekolah di SMPN 1 Sedati. Sekarang saya duduk di bangku kelas 9 SMP. Saya masuk ke SMPN 1 Sedati pada tahun 2021. Saat itu SMPN 1 SEDATI, telah menganut sistem kurikulum merdeka, dengan adanya kurikulum merdeka ini para siswa siswi SMPN 1 SEDATI akan melaksanakan kegiatan P5 (Projek penguatan profil pelajar pancasila).
Saat saya berada di kelas 7 SMP. Saya pertama kali melaksanakan kegiatan P5 yang bertemakan "Gaya Hidup Berkelanjutan". Dalam subtema ini dibentuk menjadi beberapa kelompok, kelompok saya berisikan 4 orang. Saya dan teman kelompok saya membuat sebuah produk yaitu aroma terapi. Aroma terapi ini berbahan dasar kayu manis dan lilin. Setelah aroma terapi selesai dibuat, saya dan kelompok saya membuat sebuah makalah dan PPT. Makalah dan PPT tersebut akan dipresentasikan pada saat gelar karya, dihadapan para orang tua.
Selanjutnya saya melaksanakan P5 yang kedua yang bertemakan "Kearifan Lokal". Kelompok saya berisikan 4 orang. Dalam subtema ini saya membuat sebuah makalah dan PPT. Makalah dan PPT tersebut berisikan tentang tradisi petik laut yang dilakukan oleh nelayan yang ada di desa Banjar Kemuning, Sidoarjo. Hasil PPT tersebut, dipresentasikan di aula di hadapan orang tua.
Saya juga melaksanakan P5 yang ketiga bertemakan "Bangunlah Jiwa dan Raganya". Dalam P5 tersebut saya berisikan 5 anggota. Saya dan kelompok saya membuat poster digital berukuran A3. Poster tersebut berisi tentang anti perundungan. Poster tersebut ditempel pada papan aula untuk kegiatan gelar karya.
Pada saat saya menduduki kelas 8 SMP, saya melaksanakan P5 ke empat, dengan bertemakan "Bhineka Tunggal Ika". Dalam P5 ini kelompok saya terdiri atas 7 orang. Saya dan kelompok saya membuat produk berupa vidio sosiodrama. Vidio sosiodrama tersebut berisikan tentang menghargai sebuah perbedaan yang ada. Hasil P5 tersebut ditampilkan pada saat gelar karya, di hadapan orang tua.
Kegiatan P5 yang kelima yaitu bertemakan "Suara Demokrasi". P5 kali ini saya membuat sebuah diorama. Diorama yang saya buat memerlukan bahan-bahan seperti, triplek, stik es cream, cat akrilik, dan kertas. Diorama yang saya buat terinspirasi dari pemilihan calon ketua osis yang dilaksanakan di SMPN 1 Sedati. P5 ini ditampilkan saat gelar karya bersamaan dengan pengambilan rapot.
Kemudian saya juga melaksanakan P5 ke enam yang bertemakan “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI". Kelompok saya berisikan 7 orang anggota. P5 kali ini bersubtema “ Konservasi Energi”. Produk yang saya dan kelompok saya buat adalah sebuah design atau sketsa panel surya yang terbuat dari barang bekas. Setelah merancang design yang dibuat, kelompok saya memilih lokasi yang sesuai untuk peletakan panel surya tersebut.
Pada saat saya duduk di bangku kelas 9 SMP. Saya melaksanakan P5 ke tujuh, bertemakan tentang "Kewirausahaan". Dalam P5 ini saya memilih subtema “Kuliner”. Produk yang di hasilkan pada kegiatan P5 kali ini adalah sebuah vidio content creator seputar kuliner. Saya dan kelompok saya membuat 3 vidio content creator, yang pertama yaitu vidio meriview bakso aci. Kedua vidio tutorial membuat es semangka sago. dan yang ketiga vidio tutorial membuat seblak. Dengan dilaksanakannya P5 ini, berakhirlah sudah P5 yang saya laksanakan di SMPN 1 Sedati. Namun, ternyata ada proyek pengulangan yang pernah saya laksanakan di kelas 1 SMP, yaitu projek yang bertemakan “Kearifan Lokal”, dalam P5 ini saya dan kelompok saya membuat sebuah produk yaitu, udeng pacul gowang yang berasal dari Sidoarjo.
Menurut pendapat saya dengan diadakannya P5 ini dapat melatih kepercayaan diri, karena di P5 ini para siswa akan dilatih untuk berbicara di depan umum, baik didepan orang yang dikenal maupun tidak dikenal untuk mempresentasikan tentang produk yang telah dihasilkan, bukan hanya itu, dengan diadakan P5 ini dapat menambah ilmu pengetahuan, karena saat kegiatan P5 di SMPN 1 SEDATI akan mendatangkan seseorang narasumber untuk berbagi pengetahuan sesuai tema P5, yang dapat membuat para siswa-siswi SMPN 1 SEDATI mendapatkan dan mengetahui ilmu yang belum diketahui sebelumnya.
Komentar
Posting Komentar